Recent Posts

    Pengertian Kernel Dan Jenisnya



    Kernel adalah sebuah aplikasi dari sistem operasi yang tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer.

    Hal tersebut disebabkan karena akses terhadap perangkat keras yang sangat terbatas sedangkan ada aplikasi yang musti dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka disitulah letak tugas kernel mengatur kapan dan berapa lama suatu program atau aplikasi dapat menggunakan suatu perangkat keras tersebut.

    Akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware.

    Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, dan memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam.

    Sehingga abstraksi pada akhirnya memudahkan pekerjaan programer.

    Ada 4 kategori kernel:

    * Monolithic kernel. Kernel yang menyediakan abstraksi perangkat keras yang kaya dan tangguh.

    * Microkernel. Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.

    * Hybrid (modifikasi dari microkernel). Kernel yang mirip microkernel, tetapi ia juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat

    * Exokernel. Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke perangkat keras secara langsung atau hampir-hampir langsung.

    pada sistem operasi windows kernel dijalankan oleh file kernel32.dll, sedangkan untuk sistem operasi linux kernel yang berjalan anda dapat temukan di linux kernel.

    0 Response to "Pengertian Kernel Dan Jenisnya"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel