[ANDROID] 5 Tips Menangani Game Android yang nge-LAG dan Force Close




Kamu hobi nge-game di ponsel android? tapi sering nge-lag dan tiba-tiba keluar alias force close. Jangan sebel atau banting ponsel kamu. hehehe, Yuk pelajari penyebabnya dan apa solusi yang tepat biar nge-game lancar dan menyenangkan.

Berikut ini beberapa penyebab lengkap dengan solusinya jika kita membuka game tapi forced close, atau terbuka tapi nge-lag nya minta ampun. Ini beberapa penyebab yang umum dialami :

1. Hardware tidak memadai
Spesifikasi hardware (perangkat keras) ponsel kita jelas berpengaruh sob, mulai dari CPU, RAM, dan Memori Penyimpanan. Semakin bagus grafis game yang kita mainkan, jelas butuh spesifikasi perangkat keras yang mumpuni. Solusi untuk masalah ini jelas lem biru sob, (lempar beli baru) hehehe :-d bercanda.

2. Aplikasi/Game tidak update

Developer mengupdate hasil karya memang untuk semakin menyempurnakan kinerja aplikasi/game. Bisa jadi permasalahan nge-lag dan forced close terjadi karena memang versi lama belum mengandung bug dan belum kita update. Jadi selalu update semua aplikasi dan game yang ada di ponsel kamu sob.

3. Terlalu banyak aplikasi yang terinstal

Kurangi aplikasi yang terinstal di ponsel android kamu, bisa dihapus atau dibackup. Kalau saran saya dibackup saja, supaya nanti saat ingin digunakan bisa di kembalikan. Untuk cara backupnya, bisa sobat baca disini :
Cara mudah backup aplikasi/game android ke file .apk

4. Terlalu banyak aplikasi running in background
Apakah sobat punya aplikasi ini di ponsel? >> WhatsApp, BBM, LINE, Catfiz, Instagram, Facebook, Twitter, Path, Camera360 atau aplikasi yang running in background lain. Aplikasi seperti yang sudah saya sebutkan itu tadi semuanya bekerja di balik layar, alias running in background sehingga memakan RAM dan jelas memperlambat kinerja ponsel android. Solusinya gunakan Greenify untuk Menonaktifkan prosesnya.
Gimana caranya? Bisa kalian baca disini :
Cara Mudah menangani Aplikasi Running in Background dengan Greenify

5. Gunakan Aplikasi Tambahan untuk mempercepat kinerja ponsel
Faktor lain yang mempengaruhi nge-lagnya game adalah terlalu banyak file sampah di android kita. Saran saya bersihkan aja dengan CCleaner. Baca disini
CCleaner

Selain itu sobat juga bisa gunakan Game Booster untuk mempercepat proses game sehingga tidak nge-lag atau forced close. Saran saya silahkan Gunakan ini : Game Booster & Launcher

Oke mungkin itu saja tips yang bisa saya berikan. semoga membantu ya. Jangan lupa bookmark situs ini memudahkan kamu mengunjungi lagi dan share artikel ini jika menurut kamu bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "[ANDROID] 5 Tips Menangani Game Android yang nge-LAG dan Force Close"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel