Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia serta Teorinya - Inilah penjelasannya



Postingan kali ini yaitu Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia serta Teorinya yang menarik untuk dibahas lebih jauh lagi, Adapun pembahasannya akan dipaparkan secara detail dibawah ini,

Berikut ulasan Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia serta Teorinya :


Pertumbuhan manusia didasarkan pada peristiwa biologis yang mengakibatkan tumbuh secara fisik dan secara alamiah terjadi selama tahap awal hidup.

Pertumbuhan dan perkembangan, bagaimanapun ialah produk dari pertumbuhan psikologis dan sosial, ditekankan oleh faktor perilaku lingkungan dan individu.

Sementara ke-2 dari proses alami ini sangat berbeda, baik pertumbuhan dan perkembangan ialah langkah-langkah terkait dalam fase hidup yang dijalani.


Perbedaan pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan Pembangunan ialah karakteristik penting dari organisme hidup. Mari kita memahami arti dari dua istilah penting ini.

‘Pertumbuhan’ dan ‘Perkembangan’ sering digunakan sebagai istilah sinonim. Tapi, pada kenyataannya, pertumbuhan berbeda dari perkembangan memiliki arti yang berbeda.

  • Pengertian Pertumbuhan
  • Penegrtian Perkembangan
Pertumbuhan berarti peningkatan ukuran, tinggi, berat, panjang dll yang dapat diukur. Pembangunan, di sisi lain, berarti perubahan bentuk, bentuk atau struktur sehingga meningkatkan kerja atau fungsi.

Peningkatan fungsi menyiratkan perubahan kualitatif tertentu yang mengarah hingga jatuh tempo.
Pengertian perkembangan berarti melibatkan serangkaian perubahan progresif, tertib dan bermakna menuju tujuan kedewasaan. Biasanya Pertumbuhan berkontribusi terhadap perkembangan.

Pada kenyataannya mestipun ‘Pertumbuhan dan Perkembangan’ berbeda, tetapi mereka tidak dapat dipisahkan. Umumnya proses Pertumbuhan dan Pembangunan berlangsung secara bersamaan.

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan, dapat diidentifikasi antara ke-2nya, yaitu sebagai berikut :
  1. Pertumbuhan ialah istilah yang digunakan dalam arti fisik semata-mata. Hal ini biasanya mengacu pada peningkatan ukuran, panjang, tinggi dan berat badan. Perubahan dalam aspek kuantitatif datang ke domain pertumbuhan. Perkembangan berarti perubahan secara keseluruhan dari bentuk, bentuk atau struktur sehingga meningkatkan kerja atau fungsi. Hal ini menunjukkan perubahan dalam kualitas atau karakter bukan di aspek kuantitatif.
  2. Pertumbuhan merupakan salah satu bagian dari proses perkembangan. Dalam arti sempit, perkembangan dalam aspek kuantitatif disebut sebagai pertumbuhan. Perkembangan ialah istilah yang lebih luas dan komprehensif. Hal ini mengacu pada perubahan secara keseluruhan dari individu.
  3. Pertumbuhan menjelaskan perubahan yang terjadi dalam aspek-aspek tertentu dari tubuh dan perilaku organisme. Perkembangan memberikan gambaran perubahan organisme secara keseluruhan dan tidak mencantumkan perubahan bagian.
  4. Pertumbuhan tidak berlanjut sepanjang hidup dan akan berhenti saat jatuh tempo telah dicapai. Berbeda dengan perkembangan yang merupakan proses berkesinambungan. Perkembangan tidak berakhir dengan pencapaian kedewasaan, perubahan sekecil apapun mungkin akan terus terjadi sepanjang rentang kehidupan seseorang.
  5. Perubahan yang dihasilkan oleh pertumbuhan merupakan subyek pengukuran, dengan tolak ukur tertentu. Perkembangan menyiratkan peningkatan fungsi dan perilaku dan karenanya membawa perubahan kualitatif yang susah buat diukur secara langsung.

Teori Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Beberapa psikologi dan sosiologi telah menciptakan teori perkembangan manusia. Salah satu yang amat banyak diajarkan ialah “Erik Erikson’s psychosocial stages of development”.

Pertumbuhan manusia berlangsung terus-menerus pada tingkat yang berbeda buat bocah dan remaja, dengan tahap perkembangan yang mengikuti pola yang sama. Misalnya, bocah akan tumbuh sepanjang masa, tapi satu anak dapat tumbuh pada tingkat lebih lambat dari yang lain.

Demikian juga, perkembangan pada akhirnya akan berlangsung pada masa bocah dan remaja tetapi tahap ini bisa datang pada tingkat yang berbeda buat setiap anak.

Perbedaan besar antara pertumbuhan fisik dan perkembangan ialah bahwa pertumbuhan fisik beberapa besar akan berhenti di beberapa titik.

Saat dewasa kemungkinan pertumbuhan akan menambah berat badan melalui pertambahan lemak dan otot tetapi tidak akan tumbuh lebih tinggi.

Berbeda dengan perkembangan yang bersifat berlanjut sepanjang hidup, dari masa kanak-kanak, remaja dan dewasa, sampai kematian.

Sekarang kamu sudah berada diakhir postingan "Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia serta Teorinya", Blog orang PINTAR mengucapkan terimakasih karena sudah membaca sampai selesai.

0 Response to "Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia serta Teorinya - Inilah penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel