Pengertian Firewall dan Gateway



Pengertian Umum:
Firewall adalah system - sistem yang menetapkan kebijakan kendali akses antar jaringan/network. Mereka bisa memblok informasi yang masuk dan keluar dari suatu jaringan/network, mereka dapat mengizinkan user-user yang berbeda untuk melakukan berbagai jenis operasi, menurut otorisasi pengguna.


FIREWALL
Ada beberapa jenis implementasi-implementasi firewall yang memungkinkan setiap perusahaan untuk memutuskan apa yang sesuai, adalah karakteristik-karakteristik dari kebijakan keamanan yang paling cocok dengan permintaan-permintaan. Dua jenis umum firewall:
1. Packet Level Firewall, paket yang diteliti dan keputusan sesuai dengan aturan penyaringan apakah akan meneruskannya ke jaringan.
2. Application Level Firewall, yang memonitor spesifikasi protocol-protokol dari berbagai aplikasi.
Karakteristik:


1. Filtering Router - Sejak firewall merupakan filter yang memutuskan paket yang berwenang untuk mencapai jaringan lokal dari jaringan luar dan yang dianggap bermusuhan, cara paling sederhana untuk mengimplementasikan firewall adalah dengan membuang paket yang datang dari IP address tertentu ketika paket itu digunakan, dimana sumber IP address dalam daftar yang tersedia, untuk mengakses jaringan. Masalah dengan beberapa firewall sederhana adalah bahwa hal itu sangat mudah untuk memalsukan IP address sumber. Dengan demikian, firewall semacam ini tidak umum digunakan.

2. Proxy Server - Dalam rangka untuk mencapai fitur keamanan yang lebih baik, sebuah firewall dapat menggunakan application level gateway. Gateway terletak di antara dua firewall (router), masing-masing di sisi lain dari gateway. Firewall ini hanya akan mengirimkan informasi yang target adalahnya adalah gateway atau informasi yang bersumber gateway. Dengan cara ini, informasi yang dikirim oleh user lokal ke gateway dapat dicapai oleh pengguna eksternal dan pengguna lokal yang ingin menerima informasi dari jaringan eksternal harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari gateway yang akan mengambil informasi yang sesuai dengan kebijakan keamanan perusahaan.



GATEWAY
Pengertian Umum
"Gateway" adalah istilah yang pernah digunakan untuk merujuk ke perangkat routing. Saat ini, dalam dunia TCP / IP, "router" digunakan untuk menggambarkan alat tersebut.
Istilah Gateway sekarang mengacu ke special-purpose devices, yang melakukan konversi-konversi protocol-protokol. Gateway bagian dari application layer yang mengkonversi informasi yang diterima dari berbagai protokol.
Contoh gateway yang ditemukan di pasaran saat ini adalah:

·     VocalTec Gateway : sebuah gateway yang mengkonversi suara manusia pada saluran telepon analog menjadi data protokol jaringan area lokal.

RadVision Gateway : Mengkonversi video dari saluran telepon digital menjadi data protokol jaringan area lokal.

0 Response to "Pengertian Firewall dan Gateway"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel