6 langkah Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Toko Online Anda(Serta Penjelasannya)



Salam manis dari admin pada postingan kali ini akan membahas 6 langkah Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Toko Online Anda, Adapun penjelasannya akan dibahas secara detail dibawah ini jadi baca sampai selesai ya !, Berikut ulasan 6 langkah Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Toko Online Anda :


Agar usaha yang anda jalankan lebih baik lagi, penting buat anda langkah cara mencari supplier tangan pertama atau pemasok buat ide produk anda. Ini ialah ide bisnis yang amat populer hingga saat ini.


Dengan mencari supplier tangan pertama, akan mempengaruhi kemampuan anda buat bersaing pada harga, mengantarkan produk tepat waktu, memenuhi permintaan pelanggan, dan akhirnya menentukan margin keuntungan anda.

6 langkah cara mencari supplier tangan pertama


Mengapa penting memilih produk buat dijual kembali secara online?

Toko online anda ialah tempat dimana anda harus menjaga sebaik mungkin dan professional. Dalam menjual produk secara online, tentu berpengaruh  pada jenis produk yanga anda jual.

Itu berarti tanpa lini produk yang solid, perusahaan anda menghadapi pertempuran yang susah bahkan sebelum dimulai.

Memang benar bahwa menentukan produk mana yang akan dijual bisa sangat susah karena ada jutaan pilihan buat dipilih.

Tidak hanya itu, anda perlu memastikan bahwa ada pasar buat produk anda dan bahwa anda betul-betul dapat menghasilkan dalam penjualan anda.

Bahkan lebih, produk yang Anda jual ialah faktor utama dalam membentuk rincian lain yang mempengaruhi bisnis online anda.

Misalnya, jika anda menjual minuman beralkohol, batasan hukum apa yang anda hadapi? Apakah ada pajak tambahan yang harus dibayar?

Dalam produk yang anda jual secara online berefek langsung pada aspek berikut dari toko online anda:
  • Branding dan Desain: Merek anda harus memperkuat lini produk, jadi pastikan mereka sesuai dengan apa yang dijual.
  • Pemasaran: Strategi pemasaran dan anggaran Anda bergantung pada target pemirsa. Ini, pada gilirannya akan betul-betul ditentukan oleh penawaran produk mereka.
Mencari tahu apa yang harus dijual secara online harus menjadi proses utama anda. Oleh karena itu, melakukan riset pasar sangat penting.

Luangkan waktu anda buat memikirkan hal ini sebelum anda mencoba menemukan produsen atau pemasok dalam tips cara mencari supplier tangan pertama.

Langkah 1: Tentukan kebutuhan Anda

Mendefinisikan kebutuhan anda ialah titik awal. Jadi, anda dapat menggunakan istilah yang tepat dalam pencarian anda dan menemukan apa yang anda cari dengan lebih mudah.
Ada tiga pilihan umum: produsen, pemasok dan dropshipper.
  • Produsen
Ini ialah orang atau perusahaan yang dipekerjakan buat menghasilkan ide produk anda. Ini ialah pilihan yang berhasils dan sangat bagus bagi mereka yang memiliki ide orisinal yang belum dipasarkan.
  • Pemasok
Pemasok biasa juga di sebut produsen, grosir atau distributor. Ini sangat ideal bagi mereka yang ingin menjual produk yang ada.

Seringkali, hubungan dengan pemasok ditentukan oleh profil bisnis anda. Ongkos kirim dari bisnis anda dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga.
  • Dropshipper
Jika anda tidak memiliki cara buat menyimpan produk yang anda jual, atau tidak ingin bekerja secara langsung dengan produsen buat mendapatkan inventaris, anda dapat mempertimbangkan buat menggunakan dropshipper.

Anda menerima pesanan pembelian dan mengirimkannya ke dropshipper. Hal ini, pada gilirannya, mengirimkan barang yang dijual ke pelanggan. Dropship telah menjadi praktik umum di kalangan para penjualan produk dalam toko online berkat fasilitasnya.

Langkah 2: Nasional atau impor?

Setelah menentukan apa kebutuhan anda, langkah berikutnya ialah memutuskan apakah produk anda akan masuk ke dalam negeri atau diimpor.
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang
harus diperhitungkan sebelum mengambil keputusan.

Keuntungan produk dan suplier nasional

  • Kualitas produk karena standar kerja yang tinggi.
  • Komunikasi yang disederhanakan dalam bahasa yang sama.
  • Kemudahan buat mengecek reputasi pemasok.
  • Pengiriman lebih cepat.
  • Keamanan pembayaran dan kekayaan intelektual yang lebih baik.

Kekurangan produk dan pemasok nasional

  • Biaya produksi lebih tinggi.
  • Kurang beragam produk.

Keuntungan dari produk dan suplier internasional

  • Biaya produksi kecil.
  • Beragam produk.
  • Lebih banyak pilihan dari produsen dan pemasok.

Kekurangan produk dan pemasok internasional

  • Produk dengan kualitas lebih rendah.
  • Pola kerja yang lebih rendah tergantung negara.
  • Ketidakamanan dalam pembayaran dan perlindungan kekayaan intelektual.
  • Komunikasi bisa jadi susah karena bahasanya.
  • Kesusahan mengecek asal produk atau reputasi pemasok.
  • Pengiriman tertunda dan ongkos angkut.
  • Ketergantungan pada pelepasan produk oleh bea cukai.

Langkah 3:  Mulai cari

Setelah menentukan kebutuhan anda, timbangkan keuntungan dan kerugian dari pilihan anda, langkah ketiga ialah memulai pencarian efektif oleh produsen atau pemasok.

Dalam cara mencari supplier, anda dapat melakukan pencarian anda dengan direktori nasional seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau oleh direktori internasional seperti Alibaba dan Aliexpress.

Mesin pencari tidak berguna saat menemukan produsen atau pemasok. Bahkan jika Anda memfilter hasilnya dan melihat semua halaman, tidak mungkin anda akan menemukan pasangan buat bisnis anda.

Langkah 4: Kontak

Begitu anda menemukan produsen atau pemasok, Anda harus menghubungi mereka dengan benar. E-mail anda harus jelas dan ringkas, dengan mempertimbangkan 5 elemen: jumlah pesanan minimum, harga per sampel, harga produksi, waktu pengiriman dan syarat pembayaran.

Langkah 5: Negosiasikan

Sudah umum bagi produsen atau pemasok meminta anda buat membeli produk dalam jumlah minimum pada pesanan pertama anda. Ini ialah kerugian jika anda memiliki sedikit sumber daya atau ingin membeli sedikit.

Sebaliknya, pembelian yang lebih besar hampir selalu bisa dinegosiasikan dalam harga dan unit. Usahakan buat memahami motivasi dibelakang minimnya permintaan.

Dengan cara itu anda bisa bernegosiasi dengan lebih baik dan menawarkan penawaran yang layak.

Langkah 6: buat menemukan produsen atau pemasok buat ide produk Anda – Masuki kemitraan

Menemukan pabrikan membutuhkan kesabaran. Bagi kebanyakan penyewa, ini ialah pengalaman baru dan mudah frustrasi dalam menghadapi kesusahan.

Produk yang anda pilih buat dijual secara online ialah dasar pasti buat operasi toko online anda. Setiap keputusan bisnis yang anda buat, termasuk desain situs web, komunikasi pemasaran, dan biaya operasi sangat dipengaruhi oleh lini produk anda.

Kesimpulan

Tips cara mencari supplier ialah hal penting dalam toko online anda. tapi, yang tidak kalah pentingnya ialah menemukan produsen atau pemasok buat ide produk anda, terutama di tahap formatif toko online anda.

Walaupun ini terlihat sangat mudah, walau anda juga perlu berhati-hati baik dalam pemilihan pemasok hingga kulitas produk. Luangkan waktu buat duduk dan berpikir secara strategis tentang apa yang anda jual.

Ini betul-betul bisa membuat perbedaan antara bisnis gagal dan bisnis yang menguntungkan.

Termakasih sudah membaca sampai selesai "6 langkah Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Toko Online Anda" silahkan share and komen jika ada pertanyaan.

0 Response to "6 langkah Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Toko Online Anda(Serta Penjelasannya)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel